Bahaya rokok bagi kesehatan

Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rokok sangat berkaitan erat dengan risiko penyakit katarak dan pnemunomia (radang paru) dan juga sangat terkait pada 1/3 kematian yang diakibatkan oleh kanker. Selain itu, perokok yang mengidap kanker memiliki risiko 2 kali lebih besar untuk mengalami kematiaan dibanding non-perokok yang mengidap kanker. Sementara itu risiko kematian ini naik menjadi empat kali lebih besar pada perokok berat yang mengidap kanker. Kanker paru adalah penyakit kanker paling banyak yang disebabkan oleh rokok, penyakit ini merupakan penyakit kanker utama yang paling sering menyebabkan kematian pada pria dan wanita. Selain itu merokok juga berkaitan erat dengan kasus kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker tenggorokan, kanker esofagus, kanker lambung, kanker pankreas, kanker serviks, kanker ginjal, kanker kandung kemih, dan leukemia mieloid akut.

Lebih jauh lagi, merokok juga menyebakan penyakit paru lainnya, seperti bronkitis (radang bronkus) dan enfisema, asap rokok juga memperparah gejala asma pada orang dewasa dan anak-anak. Sekitar 90% dari semua kematian yang dikarenakan penyakit paru obstuktif kronik (PPOK) dikarenakan merokok. Selain itu juga telah terbukti bahwa rokok juga meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke, serangan jantung, penyakit vaskular dan aneurisme. Di amerika rokok merupakan penyebab penyakit jantung koroner (penyebab kematian utama di AS), perokok aktif mempunyai risiko 2-4 kali lebih besar mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan dengan non perokok.

Paparan nikotin dalam dosis yang besar seperti yang biasa ditemukan didalam semprotan insektisida dapat mengakibatkan keracunan, selain itu juga akan menyebabkan mual, muntah, tremor, kejang-kejang dan kematian. Faktanya, satu tetes nikotin murni mampu membunuh seorang manusia. Kasus keracunan nikotin telah dilaporkan terjadi karena ketidaksengajaan karena insektisida yang tertelan oleh orang dewasa, juga karena tertelannya produk tembakau lainnya oleh anak-anak dan hewan peliharaan. Kematian biasanya muncul dalam beberapa menit setelah terekspos ditandai dengan gagalnya pernafasan karena paralisis.

Meski kita sering berfikir bahaya rokok dan tembakau pada kesehatan merupakan hasil penggunaan langsung dari produk tembakau seperti menghisap asap rokok, perokok pasif atau paparan tidak langsung asap rokok juga meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit.  Asap rokok merupakan sumber kontaminasi utama udara didalam ruangan; polusi asap ini sekurangnya menjadi penyebab 3000 kasus kanker paru per tahun yang dialami oleh non-perokok dan asap ini juga menyebabkan lebih dari 35000 kasus kematian karena penyakit jantung. Paparan polusi asap rokok di rumah juga merupakan faktor risiko pencetus asma dan meningkatkan tingkat keparahan penyakit asma pada anak-anak. Sebagai tambahan rokok juga menjadi penyebab kebakaran yang fatal yang menyebabkan lebih dari 1000 kasus kematian per tahun.

Sumber:

http://www.drugabuse.gov/publications/research-reports/tobacco-addiction/what-are-medical-consequences-tobacco-use

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s