Berbagai cara untuk mendapatkan efek dari tembakau

Terdapat lebih dari 4000 jenis bahan kimia dalam asap rokok, salah satu diantaranya adalah nikotin yang pertama kali diindentifikasi pada tahun 1800, merupakan bahan kimia yang menyebabkan efek ketergantungan rokok. Selain membakar dan menghisap asapnya, beberapa cara lain juga digunakan untuk menikmati efek tembakau ini seperti menghisapnya langsung lewat hidung atau mengunyahnya secara langsung. Meski tanpa membakarnya, kedua metode tanpa asap ini juga menyebabkan terserapnya nikotin dan bahan-bahan berbahaya lainnya.

Rokok merupakan cara yang sangat efisien dan salah satu sistem penghantaran bahan obat yang sangat canggih. dengan menghisap asap tembakau, rata-rata perokok akan mendapatkan 1-2 miligram nikotin per batang rokok. Ketika asap rokok dihisap, nikotin akan secara cepat mencapai kadar puncak didalam darah dan didalam otak. Secara normal perokok akan menghisap satu batang rokok minimal dalam 10 kali hisap dalam waktu 5 menit, jadi bagi perokok berat yang menghabiskan 1 pak rokok, atau 30 batang rokok perhari akan melakukan kurang lebih  300 kali hisapan, bersaman dengan itu pula 300 kali nikotin akan memasuki otaknya. Dan bagi perokok yang tidak menghisap asapnya, seperti pada penggunaan cigar dan pipa rokok atau melalui menghisapan melalui hidung dan mengunyah, nikotin dapat terserap melalui membaran mukosa di mulut dan dapat mencapai kadar puncak didalam darah dan otak dalam waktu yang lebih lambat.

Sesaat setelah terekspose nikotin, efeknya dalam tubuh akan dimulai dengan stimulasi kelenjar adrenal untuk melepas hormon adrenalin. Tingginya kadar adreanalin yang dirilis ke darah akan menyebabkan peningkatan tekanan darah, pernafasan dan denyut jantung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s