Olah raga membantu proses penyembuhan ketergantungan obat.

Olah raga seperti senam erobik atau joging atau bentuk olah raga lainnya mungkin akan sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan proses ketergantungan narkoba. Setidaknya ini bisa dilihat pada hasil dua buah riset independen yang didanai oleh NIDA (BNNnya Amerika Serikat) yang menunjukkan bahwa perilaku mencari obat (kokain) dan relaps bisa dikurangi dengan olah raga lari yang dilakukan pada hewan coba. Salah satu dari dua riset tersebut menunjukkan bahwa kemungkinan besar, olah raga mampu menunrunkan jumlah protein di otak yang bertanggung jawab pada munculnya proses ketagihan.

Kedua hasil penelitian ini juga menunjukkan  bahwa olah raga bukan hanya sebagai alternatif aktivitas untuk mengisi waktu selama proses terapi kecanduan, tetapi olah raga secara nyata mampu berperan penting pada proses penyembuhan. Para peneliti tersebut juga menyebutkan bahwa baik olah raga maupun narkoba mampu meningkatkan kadar dopamine (molekul yang diduga bertanggung jawab dalam menghasilkan rasa senang dan ketergantungan diotak) di sistem reward yang ada diotak. Analoginya, olah raga mampu menggantikan atau narkoba dalam memberikan sensasi rasa senang dan kebahagian, akibatnya ketergantungan kepada narkoba pun menjadi berkurang.

Sebagai tambahan, peneliti juga menemukan bukti yang menunjukkan bahawa olah raga mampu menurunkan kadar neurotransmitter glutamat di area preforntal korteks (PFC) tikus percobaan. Mereka menduga, efek ini berkaitan dengan pelemahan proses pentintensifan (masa inkubasi) kecanduan selama masa penghentian penggunaan narkoba. Salah satu peneliti juga menemukan bahwa olah raga mampu menurunkan jumlah protein extracelluar regulated kinase (ERK) 1 dan 2 sebanyak 32 hingga 42 persen di PFC tikus.  ERK merupakan  protein yang kadarnya sangat ditentukan oleh jumlah dopamin dan glutamat yang di rilis di otak, protein ini juga berkontribusi pada proses ketagihan dan perilaku mencari obat.

Sumber:

http://www.drugabuse.gov/news-events/nida-notes/2012/04/physical-activity-reduces-return-to-cocaine-seeking-in-animal-tests

Lynch, W. J., et al. Aerobic exercise attenuates reinstatement of cocaine-seeking behavior and associated neuroadaptations in the prefrontal cortex. Biological Psychiatry 68(8):774–777, 2010. Full Text Available (PDF,188KB)

Zlebnik, N.E., et al. Reduction of extinction and reinstatement of cocaine seeking by wheel running in female rats. Psychopharmacology 209(1):113–125, 2010.Abstract Available

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s